Profil
· A. PROFIL
· B. VISI,MISI,MOTTO
· C. STRUKTUR
· D.SARANA/PRASARANA
· E. PROSEDUR
· F. PROGRAM LAYANAN
· G. PEKERJA SOSIAL
· H. PENYULUH SOSIAL
· I.REHABLITASI SOSIAL
· J.ADVOKASI SOSIAL
· K. OUTREACHER (TRC)
· L. KONTAK

Login
Nama Login

Password

Daftar
Lupa Password.

Menu Utama
· Depan
· Akun Anda
· Arsip Berita
· Downloads
· Gallery
· Kirim Berita
· Kontak
· Search
· Top 10
· Topics
· Web Links

Pelayanan Harian Lanjut Usia (Day Care Services) di PSTW Gau Mabaji -Introducing
-----------------------------------------------------------------------------------
Dipublikasi pada Jumat, 03 Mei 2013 by andisnebo
-----------------------------------------------------------------------------------

Berita UPT menulis "

Dalam rangka menjawab kebutuhan terhadap layanan sosial yang berbeda-beda dari setiap individu lanjut usia (lansia) maka Panti Sosial Tresna Werdha (PSTW) “Gau Mabaji” Gowa sebagai salah satu Unit Pelaksana Teknis di bawah Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial Kementerian Sosial dalam hal ini melaksanakan kegiatan Pelayanan Sosial Reguler dalam Panti, Pelayanan Luar Panti (Home Care), Pusat Penanganan Trauma Lanjut Usia (Trauma Centre) dan Pelayanan Harian Lanjut Usia (Day Care Services). Semua kegiatan layanan sosial tersebut merupakan program unggulan yang dilaksanakan PSTW Gau Mabaji Gowa.

Sebagai salah satu program unggulan, Day Care Services di PSTW Gau Mabaji Gowa ini telah berjalan 5 (lima) tahun sejak tahun 2008. Pelayanan sosial lansia dalam program ini dilaksanakan tidak menginap di dalam panti tetapi hanya dilaksanakan 7 - 8 jam per kegiatan selama 2 (dua) kali dalam seminggu. Pelayanan harian lanjut usia ini sangatlah membantu bagi lansia yang membutuhkan pelayanan untuk menciptakan hubungan sosial dan penyesuaian sosial secara serasi dan harmonis di antara lansia, lansia dengan keluarganya, lansia dengan petugas serta dengan masyarakat sekitar dan menambah informasi bagi lansia itu sendiri. Day Care Services juga sebagai wadah atau fasilitas kegiatan yang positif dalam rangka pemanfaatan waktu luang untuk lansia.

Sejak dimulai dari tahun 2008 sampai sekarang Day Care Services senantiasa dirasakan bermanfaat. Setiap tahunnya lansia yang terlayani dalam program ini sebanyak 30 (tiga puluh) orang yang tersebar di beberapa kecamatan dan desa/kelurahan di sekitar Panti Sosial Tresna Werdha “Gau Mabaji” Gowa.

Ditambahkan oleh Koordinator Tim Pengelola Day Care Services Tahun Anggaran 2013 di PSTW Gau Mabaji Gowa, Dra. Rusiah mengemukakan bahwa timnya siap bekerja dalam rangka mensukseskan program kegiatan ini. Tim pengelola akan bekerja sesuai dengan tanggung jawabnya masing-masing, adapun beberapa kegiatan yang harus di laksanakan oleh tim pengelola adalah :

  • Penyediaan sarana dan prasarana kegiatan pelayanan sosial.
  • Pelaksanaan koordinasi dengan pihak terkait (instruktur, instansi, dan sebagainya).
  • Pelaksanaan kegiatan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang diberikan.

Sebagai informasi juga bahwa Tim Pembimbing yang terdiri dari beberapa latar belakang profesi seperti Pekerja Sosial, Penyuluh Sosial, Psikolog, Dokter, Perawat, Pembimbing Agama, Instruktur Olahraga/Fisioterapi, Instruktur Keterampilan, dan lainnya siap bekerja melayani lansia dalam Program kegiatan Day Care Services di PSTW Gau Mabaji.

Beberapa tahapan dalam pelaksanaan program kegiatan Day Care Services ini adalah :

1. Sosialisasi dan Koordinasi

Hal ini dilakukan untuk mencari dukungan sosial secara memadai dari instansi terkait, orsos dan masyarakat jika lansia telah memenuhi persyaratan sebagai peserta dan memperoleh pelayanan day care services.

2. Seleksi, Identifikasi dan Penetapan Calon Peserta

Dilaksanakan untuk  menemukan masalah, kebutuhan, potensi dan menganalisisnya melalui pengisian formulir bahan seleksi untuk menetapkan lansia sebagai peserta dan menyepakati kontrak.

3. Assesmen

Merupakan bentuk pendalaman tentang kebutuhan dan masalah yang dihadapi serta potensi yang dimiliki lansia sebelum disusunnya suatu rencana kegiatan.

4. Penyusunan Rencana Kegiatan

Disusun dan dirumuskan dalam rangka menetapkan tujuan pelaksanaan pelayanan, menetapkan indikator keberhasilan pelayanan, menyusun kegiatan pelayanan, menentukan langkah-langkah pelaksanaan pelayanan, menentukan sarana dan prasarana yang akan digunakan dan menentukan petugas/pembimbing dan atau pihak yang terkait dalam kegiatan pelayanan.

5. Pelaksanaan Kegiatan

Berdasarkan rencana kegiatan yang telah disusun bersama-sama, maka selanjutnya Tim pengelola mulai melaksanakan program pelayanan. Dalam pelaksanaan pelayanan ini akan melibatkan peserta secara aktif peserta pada setiap kegiatan pelayanan.

6. Evaluasi dan Terminasi

Pada tahap ini tim pengelola akan mengevaluasi kembali semua kegiatan/program yang telah dilakukan untuk melihat tingkat keberhasilan, kegagalan dan hambatan-hambatan yang terjadi. Terminasi/ pemutusan layanan dilakukan bilamana tujuan telah dicapai dan diberikan bantuan paket Usaha Ekonomi Produktif (UEP). Terminasi dapat berupa rujukan ke Rumah Sakit/Lembaga lain bila diperlukan apabila peserta sakit keras atau sebab lain sehingga dikembalikan kepada keluarga. Terminasi juga dilakukan bila peserta meninggal dunia.

Adapun beberapa prinsip pelayanan terhadap lansia dalam program Day Care Services ini adalah:

  • Memberikan pelayanan yang menjunjung tinggi harkat dan martabat lansia.
  • Melaksanakan hak asasi lansia.
  • Memberikan kesempatan kepada lansia untuk mendapatkan hak menentukan pilihan bagi dirinya sendiri.
  •  Memberikan pelayanan yang didasarkan pada kebutuhan sesungguhnya.
  • Mengupayakan kehidupan lansia lebih bermakna bagi diri, keluarga dan masyarakat.
  • Menciptakan suasana kehidupan dalam panti yang bersifat kekeluargaan.
  • Menjamin terlaksananya pelayanan bagi lansia yang disesuaikan dengan perkembangan pelayanan lansia secara terus menerus dan meningkatkan kemitraan dengan berbagai pihak.
  • Menerapkan pendekatan social antar disiplin dan profesi yang mencakup pelayanan terhadap lansia.
  • Memasyarakatkan informasi tentang aksesibilitas bagi lansia.

Beberapa pelayanan terhadap lansia yang diberikan dalam program day care services adalah:

  • Pelayanan Sosial, diberikan kepada peserta dalam rangka menciptakan hubungan sosial dan penyesuaian sosial secara serasi dan harmonis di antara lansia, lansia dengan keluarganya, lansia dengan petugas serta dengan masyarakat sekitar.
  • Pelayanan Fisik diberikan kepada peserta dalam rangka memperkuat daya tahan fisik. Pelayanan ini diberikan dalam bentuk pelayanan kesehatan fisioterapi, penyediaan menu makanan tambahan, klinik lansia, kebugaran, sarana dan prasarana hidup sehari-hari dan sebagainya.
  • Pelayanan Psikososial, pelayanan ini diberikan kepada peserta dalam rangka menciptakan situasi sosial psikologis yang memungkinkan tumbuhnya perasaan aman, nyaman, senang dan mampu beradaptasi dengan lingkungan sosialnya.
  • Pelayanan Keterampilan, pelayanan ini diberikan tidak saja untuk pengisian waktu luang, melainkan untuk meningkatkan produktivitas agar ia dapat menambah penghasilannya.
  • Pelayanan Spiritual/Keagamaan, pelayanan ini diberikan dalam rangka memperkuat mental spiritual dan kerohanian terutama dalam melaksanakan peribadatan sehari-hari. Pelayanan yang diberikan antara lain penyediaan sarana dan prasarana ibadah, bimbingan rohani, dan lain-lain. Pelayanan spiritual ini sangat penting untuk dilakukan mengingat bahwa pada masa tua seringkali klien dihantui berbagai perasaan tidak berharga dan ketakutan-ketakutan sehubungan dengan penurunan fungsi-fungsi fisik dan sosial. Dengan adanya pelayanan spiritual diharapkan peserta menyadari akan situasi yang dihadapinya sehingga muncul ketenangan dan kedamaian dalam perasaannya. Muncul kembali kepercayaan dirinya, dapat menjalankan ibadah dengan tenang dan tetap dapat beraktivitas sesuai dengan kemampuannya.
  • Pemberian Bantuan Usaha Ekonomi Produktif (UEP), pelayanan ini diberikan kepada lansia yang membutuhkannya sebagai aktifitas untuk meningkatkan produktivitas dalam rangka menambah penghasilannya.

Perubahan ataupun penambahan program dalam bentuk inovasi-inovasi dalam pelayanan sosial masih sangat dimungkinkan karena perbedaan aspek kebutuhan dan permasalahan sosial yang dihadapi berbeda-beda. Perbedaan aspek kebutuhan tehadap pelayanan sosial lansia di PSTW Gau Mabaji Gowa selain karena individu lansia  itu bersifat unik, juga disebabkan terjadinya perubahan-perubahan seperti perubahan kelembagaan dan orang yang melaksanakannya, perubahan pada sistem kegiatan, perubahan sasaran kegiatan dan lain-lain.

*s.cipto-apr-13

"



 
Link Terkait
· Lebih Banyak Tentang Berita UPT
· Berita oleh andisnebo


Berita terpopuler tentang Berita UPT:
Pelayanan Harian Lanjut Usia (Day Care Services) di PSTW Gau Mabaji -Introducing


Nilai Berita
Rata-rata: 0
Pemilih: 0

Beri nilai berita ini:

Luar Biasa
Sangat Bagus
Bagus
Biasa
Jelek


Opsi

 Versi Cetak Versi Cetak


"Pelayanan Harian Lanjut Usia (Day Care Services) di PSTW Gau Mabaji -Introducing" | Login / Daftar | 1 komentar | Cari diskusi
Isi komentar adalah tanggung jawab masing-masing pengirimnya.

Re: Pelayanan Harian Lanjut Usia (Day Care Services) di PSTW Gau Mabaji -Introducing (Nilai: 0)
oleh pada Jumat, 02 Juni 2017
solusi yang bagus untuk lanjut usia .. terimaksih informasinya.
http://multijayapress.web.id [multijayapress.web.id]


[ Tanggapi ]

Panti Sosial Tresna Werdha Gau Mabaji Gowa
Kementerian Sosial RI Admin Web 2013 - Andisnebo