Profil
· A. PROFIL
· B. VISI,MISI,MOTTO
· C. STRUKTUR
· D.SARANA/PRASARANA
· E. PROSEDUR
· F. PROGRAM LAYANAN
· G. PEKERJA SOSIAL
· H. PENYULUH SOSIAL
· I.REHABLITASI SOSIAL
· J.ADVOKASI SOSIAL
· K. OUTREACHER (TRC)
· L. KONTAK

Login
Nama Login

Password

Daftar
Lupa Password.

Menu Utama
· Depan
· Akun Anda
· Arsip Berita
· Downloads
· Gallery
· Kirim Berita
· Kontak
· Search
· Top 10
· Topics
· Web Links

Pengidap Diabetes Perlu Vitamin D Agar Terhindar dari Infeksi Gigi
-----------------------------------------------------------------------------------
Dipublikasi pada Minggu, 14 April 2013 by andisnebo
-----------------------------------------------------------------------------------

Kesehatan citraagus menulis "

Pengidap diabetes lebih rentan terhadap infeksi yang menyebabkan kerusakan gigi atau periodontitis. Ketika telah terjadi, penyakit ini sulit diobati tetapi dapat dicegah dengan cara sederhana yaitu meningkatkan asupan vitamin D.


Periodontitis adalah peradangan dan infeksi pada jaringan di sekitar gigi yang merupakan penyebab utama hilangnya gigi pada orang dewasa. Sayangnya kerusakan tersebut bersifat ireversibel, yang tidak dapat diperbaiki lagi tetapi hal ini dapat dicegah.
Sebuah studi baru menemukan bahwa vitamin D dapat membantu mencegah periodontitis, terutama pada pasien dengan diabetes. Pengidap diabetes umumnya lebih rentan terhadap infeksi, sehingga lebih berisiko terhadap periodontitis.

Penyakit ini terjadi ketika plak menetap pada gigi selama beberapa hari dan mengeras menjadi tartar, yang kemudian menarik bakteri dan menyebabkan pembengkakan, infeksi atau radang gusi.

Awalnya, gejala ini hanya akan menyebabkan ketidaknyamanan ringan pada mulut yang dapat diatasi dengan membersihkan gigi untuk menghilangkan karang gigi tersebut. Tetapi jika telah terjadi peradangan, dapat terbentuk kantong antar gigi dan gusi, mengundang lebih banyak bakteri dan dapat menyebabkan hilangnya jaringan dan tulang.

Dalam studi yang dipimpin oleh peneliti dari Universitas di Chengdu, Cina, para peneliti menemukan bahwa vitamin D dapat membantu melindungi terhadap periodontitis pada penderita diabetes, seperti dikutip dari MNN, Kamis (21/11/2012).

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Steroid tersebut menemukan bahwa tikus diabetes yang diberi dosis suplemen vitamin D menunjukkan penurunan risiko peradangan yang terkait dengan periodontitis yang lebih baik daripada tikus yang diberi plasebo.

Anda dapat memperoleh keuntungan dari penemuan ini, karena tubuh dapat menghasilkan vitamin D secara alami dengan bantuan sinar matahari. Sehingga, upaya pencegahan periodontitis dapat lebih mudah, yaitu dengan beraktivitas di bawah sinar matahari pagi selama beberapa menit atau Anda juga dapat mengambil suplemen vitamin D.

"



 
Link Terkait
· Lebih Banyak Tentang Kesehatan
· Berita oleh andisnebo


Berita terpopuler tentang Kesehatan:
SEHAT ITU MAHAL


Nilai Berita
Rata-rata: 0
Pemilih: 0

Beri nilai berita ini:

Luar Biasa
Sangat Bagus
Bagus
Biasa
Jelek


Opsi

 Versi Cetak Versi Cetak


Topics Terkait

Artikel

"Pengidap Diabetes Perlu Vitamin D Agar Terhindar dari Infeksi Gigi" | Login / Daftar | 0 komentar
Isi komentar adalah tanggung jawab masing-masing pengirimnya.
Panti Sosial Tresna Werdha Gau Mabaji Gowa
Kementerian Sosial RI Admin Web 2013 - Andisnebo